Sabtu, 11 Maret 2017

Kelebihan dan kekurangan OS Android Nougat




Kehadiran smartpone sebagai alat komunikasi canggih tak bisa dipungkiri turut berpengaruh bagi aktifitas keseharian manusia. Diadaptasi dari telepon genggam, sejumlah merk ponsel pintar yang mendominasi pasaran gadget di tanah air sengaja didesain dengan tampilan menarik dan harga variatif. 

Berkaca dari peluang yang menjanjikan, vendor terkemuka dari berbagai belahan dunia pun enggan menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka dengan gencar menggalakkan inovasi dan pembaruan untuk menciptakan smartphone dengan kualitas yang mumpuni. Di samping bertujuan meningkatkan angka penjualan, kepuasan pelanggan juga menjadi tolok ukur seberapa piawaikah mereka meluncurkan pabrikannya.

Android Nougat. Sistem operasi terbaru yang digadang-gadang mampu menyuguhkan keuntungan berlipat ganda ketimbang OS sebelumnya ini misalnya. Dirilis secara resmi oleh Google pada 23 Agustus 2016 lalu, Nougat dibekali dengan fitur dan spesifikasi berupa vulkan serta pemberitahuan yang bentuknya telah diperbarui dengan beberapa aplikasi dan layar terpisah, yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan bahasa tertentu. 

Bocoran seputar OS Android Nougat juga telah digambarkan oleh pengembangnya sejak diumumkan 2016 kemarin. Salah satunya mengenai kemampuan Android Nougat yang lebih gesit daripada Marshmellow. Nah, bagi Anda yang masih diliputi oleh rasa penasaran, informasi mengenai kelebihan OS Android Nougat dibawah ini adalah jawabannya. 

1.      Fitur multitasking yang lebih ampuh 

Kebutuhan untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa mengenal jarak dan waktu rupanya menjadi alasan tersendiri mengapa OS Android Nougat recomended sekali untuk diaplikasikan. Khususnya bagi anda tipikal orang multitasking yang kerapkali disibukkan dengan segudang tumpukan deadline. 

Dapat diandalkan untuk melancarkan aplikasi chatting seperti menulis SMS, BBM, WhatsApp, Line, Twitter, dan Googling merupakan fungsi kompleks sistem opersi anyar ini. Nougat yang mengusung layar dengan ukuran 5 inci ke atas juga membuat penggunanya leluasa untuk mengaktifkan dan menjajaki dunia maya.

2.      Proyek Google Daydream 

Pengembang teknologi berbasis Virtual Reality menyatakan bahwa untuk bisa menikmati VR pemakai hanya memerlukan alat-alat ringan, dimana nantinya mereka akan dibawa pada kondisi seakan-akan sesuai dengan kenyataan yang ada di dalamnya. Hebatnya lagi, OS Android Nougat menawarkan hal serupa. Meskipun Anda harus menyiapkan piranti lain seperti Oculus Rift terlebih dahulu.

3.      Mode malam yang optimal

Fitur canggih yang tersemat pada beberapa ponsel ini bertugas untuk menghemat daya baterai agar tidak cepat habis. Untuk mode malam yang ditawarkan oleh Sistem Operasi ini bisa dibilang mengalami progress yang luar biasa. Pasalnya, mode malam yang ada pada ponsel anda akan aktif secara otomatis saat Anda berada di kegelapan. 

4.      Proyek Svelte 

Kecanggihan yang diperlihatkan oleh OS Android Nougat memang tidak tanggung-tanggung. Ditanamkannya teknologi yang efektif dalam memanipulasi data agar lebih ringan dan tidak memberatkan RAM adalah buktinya. 

Tidak cukup sampai di situ, Project Svelte yang dibekalkan juga berfungsi untuk menaikkan efisiensi baterai hingga 300 %. Artinya, Anda bisa menekan kebutuhan charging hingga 3 kali lipat dari biasanya. 

5.      Bundled Notifikasi 

Jika selama ini Anda sering dipusingkan dengan pemberitahuan yang berantakan, maka OS Android Nougat hadir dengan solusi jitunya. Ya, notifikasi yang digabung menjadi satu membuat Anda lebih gampang dan tidak ribet saat menerima segudang pemberitahuan dari akun sosial media. Alternatif tersebut setidaknya bisa menjadikan notifikasi lebih ringkas. 

Meskipun punya banyak nilai plus, OS Android Nougat juga mempunyai kekurangan. Harga yang dibanderol lebih tinggi dari smartphone android sebelumnya membuat penggunanya kecewa Update yang dilakukan juga terkadang tidak berjalan mulus. Firmware yang besar serta program yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya merupakan resiko yang riskan terjadi pada smartphone kesayangan Anda. 

Ulasan tentang kelebihan dan kekurangan OS Android Nougat di atas hanya sedikit informasi yang bisa kami bagikan. Untuk mengetahui updatenya, teruslah berkunjung ke arizmean.blogspot.com.

Semoga bermanfaat.

Load disqus comments

0 komentar