Senin, 13 Maret 2017

7 tempat wisata alam di Jogja paling populer




Jogjakarta. Sudah bukan rahasia lagi jika kota cantik yang menjadi salah satu pusat perkembangan budaya di nusantara ini menyimpan sejuta pesona di dalamnya. Kondang dengan sebutan wilayah yang paling ramah bagi pelancong, Jogjakarta adalah destinasi terfavorit yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan setiap tahunnya. 

Tradisi yang masih lestari, kearifan lokal, kuliner, hingga sejarah panjangnya seakan menawarkan sisi menarik yang tak pernah habis untuk digali. Tidak hanya menyuguhkan nuansa liburan yang ekslusif saja, Jogja yang notabene rumah bagi sejumlah perguruan tinggi dan sekolah terbaik di Indonesia juga sukses membuat orang kecanduan untuk menyambanginya berulang kali. 

Deretan pantai dengan suguhan pasir putihnya bahkan disebut-sebut sebagai serpihan surga yang sarat pesona di nusantara. Belum lagi dengan sajian view eksotis pegunungan dan tebingnya, wisata edukatif, hidangan tradisional, hingga suguhan trekking menantang yang menyembunyikan keindahan tiada tara. 

Nah, bagi Anda yang mendambakan pengalaman travelling mengesankan, tidak perlu pergi jauh-jauh sampai ke luar negeri kalau wisata alam di Jogja berikut ini mampu membayar keinginan Anda. 

1.      Tebing bresksi 

Tempat ini merupakan tambang batu yang mirip dengan bukit kecil setinggi 20 meter. Daya tarik dari tebing breksi sendiri terletak pada keindahannya yang didominasi oleh warna putih. Popularitas kawasan wisata anyar ini kian melejit setelah banyak wisatawan yang sengaja mengabadikan spot ciamik berupa sunset dan menyebarluaskannya melalui sosial media. 

Pengunjung hanya dikenakan tarif seiklasnya saja ketika memasuki wisata alam di jogja ini. Tebing breksi sangat mudah untuk dijangkau karena letaknya yang tergabung dalam area Herritage Candi Ijo. Tepatnya di kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 

2.      Puncak Becici

Becici Asri merupakan bagian dari Hutan Lindung yang berada di bawah pengelolaan RPH Mangunan. Dulunya, Puncak Becici difungsikan sebagai hutan produksi yang menyuplai getah pinus untuk bahan terpentin dan gondorukem. Namun siapa sangka jika keindahan puncak ini tidak kalah dengan wisata alam di Jogja yang lainnya?. Ya, Puncak Becici menjadi lokasi paling tepat untuk menghabiskan liburan bersama teman atau keluarga. 

Selain hemat budget lantaran pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja, destinasi unggulan Bantul ini menyajikan panorama bukit yang menakjubkan di sebelah baratnya. Puncak Becici juga menjadi objek wisata paling cocok bagi para pecinta senja dan matahari yang terbenam dengan sempurna. 

3.      Blue Lagoon

Blue Langon adalah sebutan beken yang kerap dilayangkan anak-anak  Jogja untuk sebuah pemandian jernih bernama Tirta Budi. Meskipun ukuran kolamnya kecil, pemandian ini adalah spot paling instagramable bagi Anda yang hobi melancong sekaligus cinta dengan dunia fotografi.
Pancaran warna biru dari airnya yang jernih serta rimbun pohon bambu yang mengelilinginya merupakan perpaduan pas bagi mereka yang ingin merefresh otaknya dari hiruk pikuk dan polusi ibu kota. 

Cara paling seru menikmati eksotika wisata alam di Jogja ini cukup dengan memanjat pohon di sekitar kolam lalu menceburkan diri ke dalam airnya yang nyaris seperti cermin. Sementara bagi Anda yang tidak bisa berenang, pokdarwis juga menyediakan pelampung yang bisa Anda sewa.

4.      Gua Jomblong 

Inilah referensi yang patut jadi bahan pertimbangan buat Anda para traveler yang gemar menyambangi destinasi dengan sentuhan track lumayan rumit. Wisata alam di Jogja ini memiliki lorong sepanjang 300 meter dengan sisi kanan kirinya yang dihiasi ornamen khas Goa purba dengan lapisan batuan yang terbentuk ratusan tahun silam.

Akses yang harus ditempuh pengunjung untuk sampai ke dasar Goa terbilang menguji adrenalin. Dengan lintasan 40  80 meter, wisatawan diharuskan menguasai tehnik tali tunggal dan single rope technique (SRT). 

Namun tidak perlu khawatir sebab perjuangan Anda pun akan terbayar begitu menyaksikan fenomena langka yang ada didalamnya. Hutan hujan yang tubuh subur dan terjaga keasliannya, yang tak lain adalah bukti dari seleksi alam dengan melibatkan proses geologi. 

5.      Kalibiru 

Lagi-lagi, wisata alam di Jogja membuat mata siapapun enggan berpaling. Berlokais di di Hargowilis Kokap Kulonprogo, Kalibiru adalah objek wisata yang sedang hits akhir-akhir ini. lokasinya yang ada di ketinggian 40 km dan dapat dicapai dengan waktu sekitar 90 menit ini dilengkapi dengan fasilitas outbond, wisata pendidika, budaya, serta treking. 

Spot primadona dari Kalibiru adalah menara pandang di atas pohon yang menjadi background favorit para pelancong untuk mengabadikan momen mereka. Suguhan permadani hijau yang membentang luas, kecantikan waduk sermo yang menawan, serta kegagahan Gunung Ijo seolah menyiratkan pesan bahwa keagungan Tuhan memang pantas di syukuri. 

Bagi Anda yang berminat mengunjungi wisata alam di jogja ini, Anda tidak perlu merogoh kocek cukup dalam. Dengan tiket 5 ribu dan tambahan Rp 10.000 untuk gardu pandangnya, Anda sudah bisa mengupload foto Anda dengan gaya bebas berlatang belakang panoramanya.

6.      Air terjun sri gethuk 

Objek wisata yang selanjutnya sering disebut sebagai kembaran dari Grand Canyon Arizona, USA. Bagaimana tidak? Dengan tingkat kemiripan hampir 80 %, air terjun sri gethuk yang berlokasi di antara ngarai sungai Oya, Gunung Kidul ini mengalir deras tanpa mengenal musim. 

Terdapat dua alternatif bagi Anda yang berencana mendatangi wisata alam di Jogja ini. pertama dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sawah hijau yang menyegarkan pikiran. Kedua dengan menaiki rakit melintasi setiap sisi dalam goa yang tak kalah mengagumkan.

Jika beruntung, Anda bisa melihat pelangi persis di depan Sri Gethuk ini. Dibalik keanggunannya, Sri Gethuk juga meninggalkan cerita legenda yang membuat buku kuduk merinding. Konon, tempat ini merupakan penyimpanan instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. 

7.      Pantai pok Tunggal 

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali atau Lombok, Jogja juga punya pantai kelas kakap yang wajib Anda kunjungi. Pok Tunggal, pantai landai dengan pasir putih yang cocok banget digunakan untuk bersantai, menikmati semilir angin, dan melepas rasa penat ini menjanjikan liburan murah namun berkesan. Anda bisa melewati malam dengaan candaan bersama sahabat atau keluarga dengan bermaam di tenda-tenda yang disediakan oleh pengelola.
 
Terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Tarif masuk yang dipatok untuk pengunjung hanya Rp 10.000 dan Rp 60.000 untuk sewa dome. 

Wisata alam di Jogja ini juga dilengkapi dengan wc, warung kecil, kamar mandi, dan mushola.
Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan mencari destinasi wisata yang berkelas tanpa harus mengeluarkan anggaran berlebih?.
Load disqus comments

0 komentar