Minggu, 05 Maret 2017

Inilah 4 Negara Dengan Waktu Puasa Ramadan Terpanjang Di Dunia

Ramadan. Bulan penuh berkah yang kedatangannya selalu dinanti oleh umat muslim ini nyatanya selalu menyematkan cerita yang luar biasa. Entah itu dari pembuatan rekor, acara buka puasa bersama hingga perayaan yang digelar secara khusus untuk menyambutnya. Di tanah air sendiri, terdapat berbagai tradisi unik yang sengaja diselenggarakan. Berbekal peralatan sederhana yang mengusung kreatifitas, masyarakat berbondong-bondong memeriahkannya dengan pawai dan arak-arakan
.
Namun pernahkah terbesit di pikiran Anda untuk mengetahui seberapa lama penduduk dunia menahan dahaga dan haus mereka selama berpuasa?. Peputaran bumi pada porosnya dan revolusi yang rutin bergerak selama 365 hari faktanya menimbulkan perbedaan yang cukup signifikan bagi perubahan musim, iklim, hingga durasi puasa di berbagai belahan dunia. Ya, sebuah potret hukum alam yang justru mengundang rasa penasaran dan menarik untuk ditelisik.

Lalu negara mana saja yang memiliki waktu puasa ramadahan terlama di dunia? Ini dia jawabannya.

1. Rusia

Siapa yang tak kenal dengan negara cantik yang pernah dikuasai oleh aliran komunisme pimpinan Stalin ini?. Tenar dengan daranya yang super duper molek, Rusia juga mempunyai rentang waktu puasa lama. Coba bayangkan, umat muslim di daerah Provideniya harus menyelesaikan makan sahur pada pukul 01.46 dini hari dan akan berbuka saat adzan maghrib dikumandangkan, yakni pada jam 21.34 malam. Berat juga ya?.

2. Inggris

Beralih ke Eropa. Negara berbentuk Kerajaan yang popularitasnya tersohor sejagad raya ini mengharuskan umat muslim yang berdomisili disana untuk berpuasa kurang lebih 15 jam. Meskipun hanya berselisih 3 jam dengan Indonesia, cuaca yang tidak menentu di Inggris menunjukkan bahwa keimanan seorang muslim di Inggris benar-benar diuji.


3. Jepang

Kondang berkat teknologi serta pabrikan canggihnya yang berhasil merambah segmentasi pasar mancangera, negeri matahari terbit ini dibekali waktu puasa yang lumayan mencengangkan. Umat islam di Jeoang akan mengakhiri santap sahur mereka pada jam 03.01 dan akan membatalkan puasa pukul 18.74. Dari pernyataan tersebut, bisa disimpulkan mereka harus mengendalikan dirinya 15 jam 36 menit.

4.  Amerika Serikat

Menjadi imigran di kawasan yang menjadi pusat ekonomi dunia dan ranah bagi beberapa industri entertaiment seperti modelling, perfilman, hingga animasi ini memang bukan perkara gampang. Pasalnya Anda dituntut fit sepanjang 15 jam 47 menit setelah merampungkan sahur jam setengah lima dan berbuka 20.12 malam.

5. Arab Saudi

Negara dengan durasi terlama yang satu ini bisa dibilang tidak pernah kehilangan eksistensi. Ia selalu menjadi tujuan umat muslim dari bermacam suku, asal, dan latarbelakang yang berbeda. Keberadaan Ka’bah dan sejumlah tempat bersejarah yang tak lain adalah bukti kejayaan islam di masa lampau tak ayal membuat Arab Saudi menyuguhkan sisi eklusif tiada duanya bagi umat muslim. Jika anda memilih melakukan ibadah umroh di bulan Ramadan, maka persiapkan mental terlebih dahulu untuk bertahan 14 jam 30 menit tanpa makan dan minum.

Bagaimana? Masih berminat untuk travelling keliling dunia saat bulan puasa tiba? Kalau iya, pastikan lebih dulu budget dan kesahatan Anda menjamin ya?.
Semoga menginspirasi.

Load disqus comments

0 komentar