Minggu, 05 Maret 2017

Inilah 5 keistimewaan yang diberikan Jokowi kepada Raja Salman




Popularitas pria berhidung mancung yang mengemban amanat sebagai Raja Arab Saudi ini bisa dibilang sedang melejit, terutama sejak kedatangannya beberepa hari yang lalu di tanah air. Salman bin Abulaziz Al Saud berhasil menarik perhatian khalayak dengan 1.500 rombongan yang dibawanya. Belum lagi dengan suguhan fasilitas kelas elit yang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari demi menyambut kehadiran lelaki berusia 81 tahun ini. 

Dibanding dengan sambutan yang digelar oleh Soeharto, Mantan Presiden RI ke-2, untuk Raja Faisal 47 tahun silam, Kehadiran pemimpin negara sahabat kali ini jauh lebih mewah dan tidak biasa. Bagaimana tidak? Mulai dari tempat tinggal hingga makanan yang akan disuguhkan kepada Raja Salman dan pangerannya benar-benar dikemas dalam bentuk yang istimewa. Sejumlah fasilitas pun sengaja didatangkan langsung dari Saudi Arabia. 

Adapun agenda yang akan dibahas pada pertemuan kedua pemimpin tersebut ialah kerjasama di bidang perekonomian, seperti investasi. Setibanya di Jakarta, Raja Salman sempat melakukan sholat di Masjid Istiqlal, kemudian menaiki mobil golf dan berkeliing istana Bogor, serta berkunjung ke Pulau Bali. 

Uniknya, ada beberapa hal yang tidak biasa di lakukan oleh presiden Jokowi selama Raja Salman berada di Ibukota. Apa saja kira-kira? Berikut bocorannya. 

1.      Jemput di tangga pesawat

Rabu (1/3) lalu, Jokowi didampingi sejumlah menteri terlihat menjemput Raja Salman dari depan tangga pesawat di landasan pacu VVIP Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Ia secara gamblang mengungkapkan bahwa saat berkunjung ke Arab Saudi 2015 lalu juga mendapatkan sambutan serupa dari Sang Raja.

2.      Menggegam tangan Raja 

Kejadian ini mungkin bisa disebut sebagai fenomena langka sepanjang dilancarkannya perjanjian dengan negara lain. Jokowi, pria kelahiran Solo itu tertangkap kamera sedang memegang erat tangan Raja Salman sesaat sebelum pemberian penghargaan di Istana Bogor.
Tindakan yang sama juga pernah ditunjukkan oleh Bung Karno saat ia menyambut kedatangan Raja Saud bin Abdulaziz al Saud 1955 silam. Keduanya tampak akrab dan saling berpegangan.

3.      Membuat Vlog 

Video blog atau yang kondang dengan sebutan blog memang sedang digandrungi banyak kalangan. Tidak terkecuali dengan Jokowi. Lelaki yang hobi blusukan ini sengaja mendokumentasikan kegiatan makan siangnya dengan raja Salman di Istana Bogor. Raja yang sedang menikmati kudapan lezatnya diajak untuk eksis dan menyapa masyarakat Indonesia.
Tak pelak vlog yang diunggah di akun sosmed milik Jokowi seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtobe Channel inipun menjadi trending topik dan sudah disaksikan oleh ribuan viewers. 

4.    Payungi Raja 

Seorang Joko Widodo memang selalu punya cara unik dan tak jarang mengundang keharuan. Kunjungan kenegaraan Raja Salman pada saat itu bertepatan dengan turunnya hujan yang deras. Bahkan segelintir acara terpaksa dibatalkan.
Paspampres dari Indonesia dan Arab Saudi berusaha mencarikan payung. Baik Jokowi maupun Raaja Salman masih harus berjalan kaki menuju beranda belakang Istana.
Diluar dugaan, Jokowi yang berseragam formal dengan jas hitam dan peci itu bersedia memayungi sang Raja.

5.     Angkat pohon 
Hujan yang lebat membuat acara penanaman pohon dialihkan, yang semula direncanakan akan ditanam di Istana bogor dipindah ke Istana Kepresidenan. Saat agenda ini berlangsung, Jokowi mengangkat sendiri pohon Kayu Besi asal Kalimantan itu. Tak cukup sampai di situ, ia pun dengan cekaatan menyiram pohon yang baru ditanam.

Wah, makin salut dengan Bapak Presiden kita ya?.
Load disqus comments

0 komentar